Sabtu, 17 Desember 2011

Suzuki NEX NO 1 paling irit


MURI (Museum Rekor - Dunia Indonesia) adalah lembaga khususyang menghimpun data data rekor superlatif di Indonesia.

Banyuwangi, Suzuki meluncurkan produk terbarunya pada segmen skutik standar yang di rancang khusus untuk memenuhi kebutuhan pengendara sepeda motor Indonesia. NEX merupakan produk model  terbaru dari Suzuki. Persaingannya sangat ketat, karena targetnya adalah pasar dengan kategori persaingan ketat, dari pada itu para engineer di Suzuki berprinsip dan bekerja keras mengembangkan model yang mampu menyaingi kompetitornya. Dari padi itu Suzuki merancang NEX ini dengan target irit, ringan,kompak, mudah di kendarai tanpa mengeyampingkan gayanya.


Khususnya untuk mewujudkan skutik yang irit bahan bakar maka Suzuki merancang NEX ini dari nol lagi. Suzuki berhasil mewujudkan skutik irit dengan perbaikan dan inovasi dengan sarat teknologi mesin seperti :

Teknologi terbaru TPS (Throtle Position Sensor) 
berfungsi mengontrol pengapian sesuai dengan posisi throtle / gas, yang saat ini tidak lagi menggunakan switch namun sensor sehingga memiliki kurva pengapian multi sesuai dengan kebutuhan pengendara yang hasilnya tidak lagi terjadi pembakaran berlebihan.

Piston,ring piston, kruk as mengurangi hambatan mekanis
Suzuki berhasil mengurangi Bobot piston 8,8% di bandingkan Suzuki SMASH, yang memiliki bore sama (51mm), mengubah diameter pin piston dari 14 mm menjadi 13 mm, diameter poros engkol mesin / kruk as dapat di kurangi 28 mm menjadi 25,1 mm dan bentuk pin yang kompak bisa mengurangi bobot yang berefek pada gerakannya karena berkurangnya hambatan mekanis.

Apa itu "Hambatan mekanis" : hambatan mekanis terjadi karena resistensi friksional saat komponan yang bergerak saling bersentuhan semakin kecil hambatan mekanis, semakin baik efisiensi mekanis dan efeknya bisa di rasakan dari peningkatan performa mesinnya.

Desain rumah poros engkol mesin / kruk as menggunakan CAE
CAE (Computer Aided Enginering) adalah alat bantu komputer cangging untuk menguji desain produk, produksi dan proses lainnya. Di gunakan untuk mengembangkan rumah kruk as yang ringan tapi tetap kokoh, daya tahan juga menjadi pertimbangan dalam mengembangkan desainnya.

Pengurangan hambatan pemompaan
Hambatan pemompaan terjadi karena ada resistensi saat mesin mengambil udara, kondisinya seperti saat kita sulit bernafas lewat mulut yang agak tertutup di bandingkan kalau mulut kita di buka penuh. resistensi makin tinggi saat udara diambil dari dalam mesin sehingga menjadi berat dan mengurangi tenaga yang di hasilkan.

Roller rocker arm pertama skutik Suzuki di ASEAN untuk mengurangi hambatan friksional.
Roller rocker arm yang meneruskan gerakan cam ke katub adalah yang pertama di gunakan skutik Suzuki di ASEAN untuk mengurangi hambatan friksional.

Saringan oli type catridge agar mesin awet dan perawatan mudah
merupakan satu satunya dan tidak di miliki oleh pesaing di mana saringan ini membuat mesin lebih awet karena untuk mengeluarkan oli bekas pakai dan partikel lain yang masuk ke mesin. Catridge mudah di ganti sehingga perawatan lebih mudah.

Motor stater model recoil
untuk menyalakan mesin menggunakan type recoil untuk mengurangi hambatan mekanis dan meningkatkan penghematan BBM. Sistim recoil dari Suzuki tidak terjadi suara kasar pada saat di stater merupakan salah satu kelebihan dan juga dengan sistim recoil ini maka gigi stater tidak lagi ikut berputar setelah mesin hidup, yang berefek pada akselerasi serta efisiensi bahan bakar.

Magneto model baru
Magneto yang mengalirkan daya ke alat alat listrik memiliki komponeninternal yang lebih kecil dan ringan untuk membantu meningkatkan penghematan BBM.


Angka ini di peroleh dengan metode pengetesan lama perjalanan 30 menit, tangki diisi bensin penuh dan kecepatan konstan 40 - 60 km/jam di sirkuit sentul pada tanggal 20 Oktober 2011.

1 komentar:

  1. Smart.... Ride but smothed... Very fast... Good i am really liked

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.

YM

Suzuki Genuine Part

Harga Spare Part SUZUKI